Rabu, 04 Juni 2014

Taman Alun-Alun Bekasi

Diposting oleh Mak Nude di 03.59

Saya ini bukan penggila olahraga, bagi saya olahraga hanya sebatas untuk menjaga kesehatan. Karena pekerjaan saya yang hanya duduk dalam ruangan ber-AC di depan komputer, dalam satu minggu saya memaksakan diri untuk bergerak dan berkeringat (red: olahraga), meskipun hanya sekedar senam-senam kecil di dalam kamar. Kalau sedang bosan senam dalam kamar, saya coba bersepeda atau jogging saat car free day atau di ruang terbuka public. 

Berbicara soal ruang terbuka public, saya biasanya olahraga di GOR Bekasi karena letaknya sangat dekat dengan rumah. Namun, akhir-akhir ini saya bosan olahraga di GOR Bekasi. Fasilitas yang kurang memadai, dan ada perasaan tidak aman kalau saya olahraga sore hari saat weekdays, karena sering sekali saya mendengar cerita-cerita kriminal di daerah GOR Bekasi, entah itu penodongan, penjambretan, dsb. Atas alasan tersebut, saya sering mengajak teman saya ke Taman Jogging di Kelapa Gading. Tempatnya tak terlalu luas, tapi fasilitasnya lengkap. Ada alat peraga fitness, jogging track, children playground, foot stone massage, senam aerobic di hari minggu, dan toilet yang cukup bersih. Penataannya juga teratur, tidak banyak pedagang, sehingga kita bisa fokus olahraga. Namun, karena teman saya ini sering bekerja saat weekend, saya tidak bisa pergi kesana setiap minggu, meskipun saya suka sekali olahraga di taman Kelapa gading ini. Selain itu, taman Kelapa Gading ini juga jauh dari rumah saya di Bekasi.

Dalam rangka memenuhi hasrat saya yang ingin olahraga dengan suasana yang nyaman dan aman, saya searching via Google ruang terbuka public di Bekasi. Beruntung, ada TAMAN ALUN-ALUN KOTA BEKASI, yang letaknya di depan RSUD Bekasi. Saya liat-liat fotonya, sepertinya bagus dan rapih.  Dulu, tempat ini hanya taman luas dengan banyak pohon rindang, dan banyak pedagang kaki lima berjajar sepanjang taman lengkap dengan tikar bambu untuk makan. Sambil makan, anak-anak bisa berlarian di taman tersebut. Tapi tempatnya memang tidak terawat, seringkali jadi kotor dan benar-benar minim fasilitas. Tapi kini, Alun-alun sudah disulap menjadi lebih baik.

Untuk membuktikan hasil pencarian saya dari google dan foto-foto yang terpampang disana, Sabtu pagi saya meluncur kesana sama adik saya. Huwaaaaaaah... tempatnya bagus, rapih, luas, teduh. Seneng banget ada taman seperti ini di Bekasi. Ada apa aja disini? Let’s see..
1       1. Jogging track. Jogging track disini cukup panjang dan teduh. Banyak pohon-pohon besar disini yang masih dipertahankan, beberapa pohon ada label nama pohon dan nama latinnya, lumayanlah untuk nambah pengetahuan, karena setiap keliling, adik saya membaca dan menyebutkan namanya keras-keras. Kalau lelah jogging, di sini banyak bangku taman tersedia sepanjang jogging track.


 

Gambar 2. spot jogging track yang enak buat foto :)

2.       2. Children Playground. Pergi ke taman ini bersama adik saya yang baru kelas 3 SD memang keputusan yang tepat, karena disini ada 3 spot children playground. Spot pertama dekat pintu masuk taman alun-alun sebelah pos penjaga,  disini ada ayunan yang sepertinya lebih dikhususkan untuk anak balita, karena ukurannya yang kecil. Spot kedua di dekat kolam ikan,  ini merupakan spot children play ground terbesar, ada ayunan, perosotan, jungkat jungkit, dan apa tuh yang muter-muter gitu. Spot ketiga letaknya di bagian belakang taman, di depan toilet, disini ada semacam prosotan yang untuk menaiki perosotan tersebut harus melewati jembatan goyang. Sayang, di jembatan goyang tersebut ada beberapa kayu yang sudah lepas, dengan paku yang menonjol, kalau mau bawa anak-anak kesini, pengawasannya harus lebih diperketat. Saya sarankan ajak anak-anak kesini, supaya mereka bisa bersosialisasi dengan anak-anak lain, maklum anak-anak zaman sekarang kan banyak  main video game dan asyik dengan tv.

 
 
  
gambar 4. salah satu spot taman bermain yang ada jembatan goyangnya


3.       3. Foot Stone massage. Ini spot yang paling saya sukai dan spot yang saya cari-cari. Foot stone massage ini sebenarnya hanya batu-batu kecil yang dipasang diatas semen gitu, kalau kita injak kaki jadi sakit gitu kayak di pijat refleksi. Mungkin anda berfikir saya seperti orang tua saja cari-cari foot stone massage, tapi pengalaman saya yang sering ke taman kelapa gading dan coba foot stone massage disana, keesokan harinya badan jadi enakan, istirahat lebih nyenyak, dan BAB juga lancar. Track foot stone massage ini mengelilingi kolam ikan yang di dalamnya ada ikan gabus dan ikan alligator. Adik saya paling suka spot ini, dia seneng liatin ikan alligator-nya dan jalan-jalan di foot stone massage juga. Di sekeliling kolam ikan ini, ada beberapa bangku taman.


 gambar 5. foot stone massage


4.      4. Wifi. Taman Alun-Alun ini juga dilengkapi wifi, tapi khusus untuk pemakai provider Indosat saja, sayang sekali.
5.      5. Toilet. Saya belum coba toilet disini, jadi belum bisa review kebersihannya.
6.    6. Kandang burung. Disini ada dua kandang burung yaitu kandang burung kasuari dan kandang burung merpati. Kandang kasuari adanya di bawah, dan kasuarinya hanya ada satu, kalau pagi burungnya suka dilepas dari kandang, tapi teteap ada pagar pembatasnya juga si. Kandang burung merpati letaknya diatas, kalau saya lihat si, banyak burung merpati yang bersarang disitu, bahkan di bagian depan gerbang taman, banyak sekali ditemui merpati. Pengunjung bisa memberi makan merpati disini, jadi gak perlu jauh-jauh ke Eropa untuk  merasakan sensasi memberi makan burung merpati, disini juga bisa kok, berasa lagi syuting video klip gitu, kamu bisa lari-lari biar burungnya pada terbang.



Secara garis besar, Taman Alun-Alun kota Bekasi ini cukup lengkap, meskipun begitu masih ada kekurangannya, diantaranya
1.   1. Penitipan barang. Ini penting, karena kalau kita mau olahraga trus bawa-bawa minum, dompet, hp kan ribet juga, lebih enak kalo ada penitipan barang, dipungut biayapun saya pikir tidak masalah, demi kemanan dan kenyamanan.
2.    2. Alat peraga fitness. Sebenarnya alat peraga fitness ini hanya pelengkap si, taman seperti yang sudah ada sekarangpun sudah cukup baik, namun akan lebih baik kalau ada alat peraga fitnessnya
3.   3.Colokan. Wifi sudah ada, tapi colokan gak ada. Ya maksudnya kan kalau ada colokan, mungkin aja teman-teman bisa belajar dan diskusi sambil bawa laptopnya. Belajar di tempat yang teduh seperti ini pasti akan nyaman sekali. Karena saya teringat waktu saya buat skripsi, saya jenuh sekali berada di kamar, sehingga sering pindah-pindah tempat belajar.

Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, saya senang sekali bisa ada ruang terbuka public seperti ini dan dekat dengan rumah. Semoga pemerintah dapat terus menjaga keteraturan, kerapihan, kebersihan Taman Alun-Alun Kota Bekasi. Selain itu, para pengunjung juga harus menjaga kebersihannya, jangan mencoret-coret bangku taman dan harus membuang sampah pada tempatnya. Menurut saya, ruang publik seperti ini harus diperbanyak, saya yakin pembacapun setuju dengan pendapat saya. Ada yang bilang bahwa ruang publik ini adalah tempat bersosialisasi yang sesungguhnya.  Setuju???

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mika Miko Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea