Senin, 23 Juni 2014

3 ciri manusia

Diposting oleh Mak Nude di 00.01
Ini adalah tulisaan saya yang tercecer, yang ditulis pada tanggal 5 September 2009.

Gambar ambil disini (click link)


saya kemarin baca buku abunawas, dan ada beberapa hal yang cukup menarik tentang 3 ciri manusia yaitu:

1. Manusia yang melihat dengan mata. ketika dia melihat bintang dilangit, dia akan berkata bahwa bintang itu kecil sekali. karena memang seperti itu yang terlihat dari bawah

2. Manusia yang melihat dengan otaknya. ketika dia melihat bintang, dia akan berkata bahwa bintang itu besar. karena dia tau sesungguhnya bintang memang besar.

3. Manusia yang melihat dengan hatinya. ketika dia melihat bintang, dia akan berkata bintang itu kecil, meskipun dia tahu bahwa bintang sebenarnya besar. tapi baginya yang besar hanyalah kekuasaan Allah, dan bintang adalah sebagian kecil ciptan-Nya.

lantas mau jadi yang mana kita?

apakah kita akan menjadi orang yang melihat dengan mata? mungkin kita sering denger istilah don't judge a book by it's cover. apakah istilah ini benar atau tidak? terkadang kita begitu sering menghakimi orang dan menilai seseorang hanya dari penampilan. memang kita berhak berfikir untuk menilai, tapi kita tidak berhak menghakimi. lakukanlah apa yang kita inginkan selama kita tetap berada di jalan-Nya. terkadang kita berusaha menjadi orang yang disukai banyak orang, tanpa berfikir bahwa telah menjadi orang lain, dan tidak menunjukkan siapa sebenarnya kita. kita terlalu perduli terhadap apa yang orang fikirkan tentang kita, jika kita berbeda dari mereka. ketika kita melihat hal yang tidak benar, kita berhak membimbing, tapi kita tidak berhak memaksa, karena DIA selalu punya cara untuk membolak balikkan hati manusia.

atau kita ingin melihat dengan otak? kita yang terkadang merasa paling mengetahui akan segala hal. merasa paling benar dan paling baik. padahal, kita hanyalah mahluk kecil yang tidak tahu apa-apa. jadi apa yang bisa kita sombongkan?

atau melihat dengan hati? orang yang selalu berfikir positif untuk hal terburuk sekalipun. orang yang selalu menghargai berbagai macam jenis manusia dengan perbedaannya. orang yang selalu bersyukur dengan apa yang dia dapat melalui ikhtiar. bahkan iapun akan bersyukur ketika ia tidak mendapatkan apa-apa, karena hal yang tidak dia dapatkan sesungguhnya itulah hal terbaik yang DIA berikan.

orang bijak adalah orang yang dapat melihat hal baik dari sisi buruk


Gambar ambil disini (click link)


inspired by: Abunawas & Para Pencari Tuhan Jilid 3

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mika Miko Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea