Selasa, 16 September 2014

List Venue for My Wedding Party

Diposting oleh Mak Nude di 00.21

Memilih venue untuk resepsi pernikahan ini gampang-gampang susah. Kalau dulu, menentukan tanggal pernikahan biasanya ditentukan oleh tetua untuk mencari hari baik. Tapi sekarang tanggal resepsi pernikahan ditentukan oleh ketersediaan tanggal dari venue yang kita mau. Jujur, menentukan venue ini bikin mama galau , bahkan dia sampai sholat istikhoroh untuk menentukan venue mana yang mau dipakai.

Dalam memilih venue, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan diantaranya
-    Kapasitas gedung yang akan dipakai. Jika jumlah undangan 400, berarti kita minimal harus memilih gedung dengan kapasitas untuk 800 orang. Karena kapasitas gedung dengan jumlah tamu yang pas akan membuat para tamu menjadi nyaman, bayangkan kalau ada 600 undangan (1200 orang) tapi anda pakai gedung dengan kapasitas 800 orang, pasti gedung akan menjadi penuh sesak, gerah, dan tidak nyaman, meskipun mungkin memang tidak semua tamu datang secara berbarengan, tapi kenyamanan para tamu tetap harus diutamakan
-          Lokasi gedung dengan rumah mempelai wanita dan mempelai pria. Ini perlu untuk menghindari keterlambatan acara karena macet, atau jarak yang terlalu jauh.
-          Harga. Ah inimah tidak perlu dijelaskan yah, cari gedung tentunya harus pas sama budget kita.
-          Waktu. Maksudnya acara tersebut akan dilangsungkan pada siang atau malam hari. Kalau untuk acara malam, biasanya biaya sewa lebih besar karena pengaruh lighting yg digunakan. Pertimbangkan juga dari segi tamu undangan, banyak yang dari luar kota atau tidak.
Dari beberapa hal yang perlu diperhatikan diatas, akhirnya kita mencari gedung dengan kapasitas 1000-1500 orang, jaraknya tidak terlalu jauh dari rumah yaitu sekitar bekasi, budget sesuai, dan kita mau acaranya siang hari. Dari kriteria tersebut, terpilihlah beberapa kandidat gedung yaitu :
1.       Gedung Kejaksaan
Kapasitas             : 1000-1500 orang
Tlp                          : 021-25947282
Kelebihan            : akses mudah, atap tinggi, gedungnya luas, depannya ada mesjid (memudahkan tamu dan keluarga untuk beribadah)
Kekurangan        : termasuk mahal menurut saya.. meskipun begitu peminat gedung ini banyak di Bekasi, jadi harus dari minimal 1 tahun sebelumnya kalau memang mau di tanggal yang kita mau. Saya juga mau di sini, tapi bulan yang kita mau sudah tak tersedia
Harga                    : 17 juta (siang) + 1 juta (akad nikah), 18 juta (malam) + 1 juta (akad nikah)

2.       Asrama Haji
Kapasitas             : 1000-1200 orang
Tlp                          : 021-88960946
Kelebihan            : akses mudah, atap tinggi, ruang rias dilengkapi dengan tempat tidur, ada wisma yang disewa dekat gedung dan harganya murah, dekat dari rumah.
Kekurangan        : Tidak bisa disewa saat bulan haji datang. Pada tahun ini, gedung asrama haji ditutup mulai dari bulan april-desember untuk acara resepsi pernikahan. Sayang sekali, padahal saya dan ibu ingin acara resepsinya dilangsungkan disini, selain luas, akses dekat, murah pula. Tapi apa daya, baru bisa bulan desember, sedangkan target kami acaranya diadakan bulan september.

3.       Islamic Centre (aula bawah)
Kapasitas             : 1000 org
Tlp                          : 021-88544044
Kelebihan            : akses mudah (tinggal keluar tol bekasi barat belok kiri) dekat dari rumah
Kekurangan        : atapnya pendek, sehingga memberi kesan pengap dan sempit, AC-nya juga kurang dingin (pengalaman dtang ke resepsi yang nikah disini)
Harga                    : 6 juta, udah dapt kursi 200, + 300 ribu untuk 1 kamar rias (ada dua kamar rias)

4.       Nusa Kirana Sport Center (outdoor)
Kapasitas             : 1000-1200 orang
Tlp                          : 021-82433388/ 021-82420088
Kelebihan            : keren, ada kolam renangnya, apalagi kalo acaranya malam pasti bkalan keren banget, dengan lighting yang WAW. Ah bikin mupeng lah pokoknya.
Kekurangan        : posisi tamu akan tersebar, pelaminan kecil hanya pakai panggung papan, khawatir kalo hujan, dan kalo acaranya siang pasti panas, ruang rias ada di atas bikin susah dan ribet buat pengantin. Karena keluarga saya banyak dan banyak anak kecil juga, khawatir aja gitu nanati pas pesta ada anak kecil yang malah berenang disana. Disini juga gak ada mushola :(
Harga                    : 14 juta + 1 juta (akad nikah)
Cerita sedikit. Venue ini adalah venue yang sudah tiga kali kita datangi karena ketersediaan bulan yang kita mau, tapi setiap kita kesana gak pernah pas ketemu sama marketingnya. venue ini juga bikin saya terpesona dan ngebet banget mau disini, tapi akhirnya gak terpilih. Alhamdulillah saya sempatkan untuk ambil fotonya.

Gambar 1. Pelaminan dari papan dan kecil

Gambar 2. Red carpet menuju pelaminan bakalan melewati jembatan ini. Keren kan! berasa di negeri dongeng (lebay!!)

Gambar 3. Lobi dalam. Biasa dipakai untuk akad nikah, ruang VIP dan buffet keluarga

Gambar 4. Poolnya gede. di bagian pinggir-pinggir pool itu nanti bisa buat gubukan gitu. Keren banget kalau di poolnya itu kita hias dengan lampion-lamion yang mengapung

Gambar 5. Area tamu undangan dengan payung-payung kece. tangganya itu adalah daerah dari buffet menuju pelaminan


5.       Mustikasari Convention Hall
Kapasitas             : 1000-1500 orang
Tlp                          : 021-82601759
Kelebihan            : gedungnya luas,, pelaminan besar, ada musholla kecil juga, ruang riasnya ada tiga (kamar rias wanita, pria, dan pengantin semuanya ber-AC), ruang riasnya nyaman dan bagus banget, toilet juga bersih.
Kekurangan        : Aksesnya agak sulit, jalan menuju kesana cukup macet (terutama malam minggu)
Harga                    : 9,5 juta (siang) + 1,5 juta (akad nikah), 10.5 juta (malam) + 1,5 juta (akad nikah)
Cerita sedikit. Venue ini adalah venue yang dari awal sudah ditawarkan ke mamah berkali-kali tapi mamah selalu bilang "ah kejauhan teh". Tapi saat lagi galau mau bayar DP ke Nusa Kirana Sport Center, akhirnya mama bersedia saya ajak kesini, dan mamah sama saya langsung terpesona, karena luas dan masih baru. Venue-nya baru di buka tahun ini, jadi memang belum terlalu mahal, saya yakin setelah banyak yang kenal venue ini, harganya bakalan naik, karena luasnya sama dengan gedung Mahkamah Kejaksaan. kalau mau liat seperti apa gedungnya, bis di cek di webnya disini

Dari kelima pilihan diatas, kami sekeluarga bingung diantara dua pilihan, antara Nusa Kirana Sport Center atau Mustikasari Convention Hall. Meskipun kepingin banget di Nusa Kirana karena tempatnya keren, tapi akhirnya kami pilih Mustikasari Convention Hall. Alasannya waktu yang di sediakan di Nusa Kirana ini malam, sedangkan keluarga banyak yang dari bandung, kasian klo acaranya malam. Selain itu, rasanya klo acaranya pagi waktunya lebih leluasa, sedangkan malam khawatir pihak keluarga n mempelai kesulitan sholat ashar dan maghrib. Belum lagi kalau Nanti pengantin wanitanya mau solat maghrib gimana? Make up luntur deh.. J. Selain karena alasan tersebut, mama juga udah sholat istikhoroh, dan kata mamah setelah sholat mama memutuskan untuk pilih gedung Mustikasari. Menentukan pilihan yang melibatkan Allah memang tidak pernah salah, karena ternyata penjaga gedungnya itu saudara rekan kerja bapak, jadi kita banyak dapat diskonan.
  
Ya meskipun dalam hati pingin pestanya di nusa kirana sport center, tapi terkadang dalam menginginkan suatu hal, kita perlu juga mempertimbangkan orang lain, dan perlu mengabaikan keinginan kita untuk kebaikan bersama . Sekian, dan selamat memilih venue untuk capeng2. Hmmuah :*

4 komentar:

Unknown mengatakan...

Hi tia! Share dong dulu resepsi kamu di Gedung MCH seperti apaa..boleh ga request review gedung MCH pas kamu nikah hhe? aku tertarik pengen disitu tapi takut macet dan aksesnya kejauhan, pas dulu pengalaman kamu gimana?
makasih banyak ya atas jawabannya :)

Unknown mengatakan...

Hi Calon Pengantin,

Kami dari Happy Tales Wedding Co., menawarkan Paket Pernikahan Promo Awal Tahun harga mulai dari Rp 73.650.000 untuk 500 orang di Gedung MCH Bekasi.
Promo ini berlaku untuk periode booking sd tanggal 14 Februari 2017.

Paket ini sudah termasuk:
1. Sewa Gedung MCH (resepsi)
2. Katering buffet 500 porsi
3. Dekorasi - pelaminan, taman, janur, karpet jalan, standing flower 3 pasang, pergola, vas bunga penerima tamu 2 buah, 2 kotak angpau, background penerima tamu.
4. Foto dan Video Shooting – 1 orang fotographer & 1 orang videographer, kolase 20 halaman, mini studio pengantin
5. Rias Busana dan Aksesoris/Bridal
6. Perlengkapan – 4 buah buku tamu dan spidol, meja penerima tamu
7. Entertainment – Campursari (organ, gendang/suling dan penyanyi) /Band (keyboard, gitar dan 1 penyanyi)
8. MC
9. Jasa Wedding Planner

Bonus:
- 1 cetak kanvas 40x60 including exclusive frame
- Ice carving

Bisa hubungi kami di:
happy.tales.wedding@gmail.com
David +62 877-8624-2828
Mila +62 852-8347-7736
Enny +62 877-8316-2776

rahma mengatakan...

Assalamu'alaikum :)
izin share info, siapa tau ada yang membutuhkan.
OVER KONTRAK Gedung Mustika Convention Hall Bekasi Timur
-Gedung luas 30x40 M, Tinggi Plafon 8 M,
-Kapasitas untuk 1000-2000 orang
-parkiran luas
-Biaya sewa gedung : siang Rp 12 Juta, Malam 13 Juta
-Gedung luas, Terawat Bagus, bangunan baru, full Ac

Biaya DP : Rp 2 juta aja dari DP normal 2,5 juta.
untuk tanggal 16 Juli 2017, acara siang.
Alasan pindah karena disuruh ortu pindah ke lokasi yang lebih dekat dengan rumah. Bagi yang serius, segera hubungi 085774946490 (WA)
Terimakasih banyak :)

Unknown mengatakan...

Hai mba tia, salam kenal ya.

Boleh minta price list vendor gedung sama catering kamu? Tolong kirim ke alamat chaerunnisafarmadhi62@gmail.com
Termakasyiiii mba 😁

Posting Komentar

 

Mika Miko Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea