Selasa, 23 September 2014

Letter Before Married

Diposting oleh Mak Nude di 19.16
One week before married

Minggu, 7 September 2014

Hari itu Kakak kedua saya bilang “Makan di luar yuk, terakhir ni, minggu depan mah teteh udah nikah”. Akhirnya kami makan di luar bersama keluarga, sayangnya kakak pertama tidak bisa ikut karena dia tinggal di karawang. Saat makan bersama, ada perasaan sedih pada diri saya, melihat satu persatu wajah mereka, dalam hati saya berucap betapa beruntungnya saya berada di keluarga ini. Rasanya, saya ingin memberikan sepucuk surat untuk mereka mengenai perasaan saya, tapi saya yakin saya tak akan sanggup memberikan surat ini.

 Gambar click link

Mah, Pak...

Seminggu lagi, neng bukan hanya menjadi anak perempuan kalian, tapi juga menjadi seorang isteri. Lihat Neng! Tak terasa waktu begitu cepat berlalu, rasanya baru kemarin Neng masih minta uang jajan untuk beli es krim. Ya... waktu memang cepat sekali berlalu, waktu sepertinya bukan berjalan lagi, tapi berlari. Apa mamah bapak tau betapa campur aduknya perasaan Neng sekarang? Antara bahagia dan juga sedih. Setelah menikah nanti, Neng sadar, bahwa cepat atau lambat Neng akan meninggalkan kalian. Mah Pah, Neng tau pengorbanan dan jerih payah mamah sama bapak membesarkan Neng tak ternilai, meskipun Neng tak akan bisa membalasnya, tapi rasanya sejauh ini Neng belum bisa membanggakan dan membuat kalian bahagia. Neng sedih, karena kelak neng akan memilih untuk menuruti perintah suami neng dibandingkan perintah orang tua, neng harap mamah sama bapak jangan sedih dan jangan anggap neng anak durhaka karena syurga neng berpindah dari ridho orang tua, ke ridho suami neng. Meskipun begitu, neng harap mamah sama bapak gak lelah untuk selalu mendoakan neng. Begitupun juga neng akan selalu berdoa semoga mamah dan bapak diberikan rezeki, kesehatan, dan kebahagiaan.


A Arief...

A’ sebagai kakak laki-laki neng, aa luar biasa. Meskipun neng sudah besar, aa masih sering memperlakukan neng seperti anak kecil, masih suka traktir neng, masih suka ngelus-ngelus kepala neng, masih ngotot nganterin neng kemanapun neng pergi, meskipun neng bisa pergi sendiri. tapi neng sedih dan sadar, kebersamaan ini tak akan sama lagi jika neng sudah menikah nanti. Neng sudah tidak akan maksimal lagi untuk menemani kemanapun aa pergi, neng sudah tidak akan maksimal lagi memilihkan baju untuk aa di mol. Saat makan bersama ini, meskipun aa sakit, aa bersikeras buat ngajak neng nonton film The Guardian of Galaxy, aa bilang “ini nonton terakhir sebelum teteh nikah”. Itu adalah pertama kalinya dan mungkin yang terakhir kali kita nonton rame-rame sama adek2 sebelum neng resmi jadi isteri. Neng juga inget waktu aa bilang sama Azka “aku dikasih hadiah sama wanita cantik yang baik hati, aa sayang banget sama cewek itu”. ya meskipun hadiah itu tak bisa membalas semua kebaikan yang pernah aa kasih selama ini sama neng, tapi anggaplah sebagai ucapan terimakasih dari neng, karena sebagai kakak, aa begitu baik dan bersikap layaknya seorang kakak yang selalu berusaha membahagiakan dan melindungi adiknya. Doa neng untuk aa, semoga Aa segera dipertemukan dengan jodohnya, segera menemukan pendamping hidup. Terimakasih ya a, dan tetaplah menjadi kakak laki-laki yang hebat untuk neng.


Hai Dilla,

Kamu adalah adik perempuan satu-satu-nya. Kamu harus tahu bahwa teteh sayang banget sama kamu. Entah berapa malam yang kita habiskan bersama hanya untuk nonton Running Man dan drama korea, malam yang kita lalui dengan canda, luka, dan tawa saat kita curhat satu sama lain. Terbesit pertanyaan, akankah ritual ini tetap sama setelah saya menikah nanti? Tentu saja berbeda. Teteh akan selalu merindukan itu, bahkan mungkin teteh kelak akan merindukan bertengkar denganmu dan rindu mendengar kamu membanting dan membentak teteh saat kamu marah. Teteh yakin akan rindu itu. Adikku sayang, sebisa mungkin tetaplah bercerita mengenai harimu sama teteh. Ceritakan sama teteh bagaimana teman-teman wanitamu, bagaimana teman laki-lakimu, dan bagaimana kuliahmu. Bukan karena teteh kepo, tapi karena teteh selalu ingin meyakinkan bahwa kamu aman, karena teteh ingin kamu merasa bahwa kamu memiliki kakak perempuan yang bisa kau ajak bicara dan bertukar pikiran, karena teteh ingin turut serta mewarnai hidupmu.


Hai Azka,

Adik kecilku yang lucu. Kalau teteh sudah menikah nanti, kamu gak bisa tidur berdua sama teteh lagi. tapi kalau teteh di rumah, kamu masih bisa kok nanya PR sama teteh. Kalo teteh gak ada, kamu tanya sama teh Dila yah, harus mau juga diajarin sama Teh Dila. Kamu juga harus nurut mamah dan bapak, kalau disuruh mandi sama sholat harus buru-buru dilaksanain. Sedih banget deh waktu mamah bilang “kenapa si azka kalo disuruh sama teteh buat mandi sama solat mau, tapi kalo mamah yang nyuruh susah bener nurutnya, kalo teteh udah nikah nanti gmna? Trus siapa yang mau ngajarin azka belajar?” Azka ganteng gak boleh gitu yah... harus nurut. Itu komik-komik detective conan teteh dibaca aja, teteh seneng deh kalo kamu punya hobi baca. Azka jangan kebanyakan main PS sama nonton TV yah, gak bagus, mendingan baca komik detective conan aja. Azka juga harus sopan santun, jangan berantem terus sama kakak-kakaknya. Maaf ya azka kalo teteh suka bikin azka kesel karena sering minta azka bikin Milo sendiri, azka kan udah gede, masa dibuatin terus. Teteh juga suka minta azka ngerawat Miko, soalnya kalo teteh gak di rumah ini lagi, azka harus bisa ngerawat Miko tanpa disuruh. Kalau nanti teteh gak tinggal di rumah lagi, teteh pasti kangeeeeeen banget sama azka.


A’ Zaenal..

Mungkin diantara anggota keluarga lain, neng paling gak deket sama aa, wajar aja aa udah berkeluarga dan dulu kuliahnya di bandung. Tapi neng tau aa tetep sayang sama neng. Aa masih ngasih kado pas neng ulang tahun, aa juga suka cerita sama neng apa yang terjadi setelah berumah tangga nanti. Neng, jadi bertanya-tanya, kalo nanti neng udah berkeluarga, apakah anggota keluarga yang lain tidak akan merasa dekat lagi?  Mungkin gak banyak memori yang kita habiskan bersama, tapi mungkin aja kalo nanti neng ada masalah bisa curhat sama aa, kan aa udah berumah tangga lebih dulu.
 
Hmmmm... air mata ini bercucuran saat menulis surat ini. Mungkin bagi kalian yang membaca, ini semua hanyalah perasaan yang berlebihan dan terlalu banyak berfikir, tapi sejujurnya inilah yang saya rasakan. Sayapun juga berfikir, apakah semua calon pengantin wanita merasakan juga apa yang saya rasakan. Bagi saya, kelak meninggalkan keluarga adalah yang terberat. Sayapun ingin sekali bertanya, apakah pria merasakan hal yang sama? 

inilah poto-poto saya dan keluarga yang lagi makan-makan di red suki garand metropolitan Bekasi. Oh yeah! i love them so much.






0 komentar:

Posting Komentar

 

Mika Miko Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea