Senin, 19 Mei 2014

Hobi, Sedekah, dan Kucing

Diposting oleh Mak Nude di 23.31

Ada orang yang punya hobi sedekah? Hmmmm mungkin ada tapi sedikit. Ada yang punya hobi dan dalam hobinya itu bisa sekaligus sedekah? Banyak sekali. Ingatlah bahwa sedekah itu tidak hanya terbatas dengan harta, cakupan sedekah sangat luas. Selama kita memberikan sesuatu secara sukarela tanpa mengharapkan pamrih itulah sedekah. Bahkan dalam sebuah hadits HR Tirmidzi dan Abu Dzar menyebutkan “Senyum kalian bagi saudaranya adalah sedekah, beramal makruf dan nahi mungkar yang kalian lakukan untuk saudaranya juga sedekah, dan kalian menunjukkan jalan bagi seseorang yang tersesat juga sedekah.” Subhanallah, Islam itu sangat indah.

Apa saja hobi yang sekaligus bisa sedekah? Ada yang suka anak kecil dan suka sekali mengajar, bisa bersedekah dengan mengajarkan membaca dan menulis untuk anak-anak jalanan. Ada yang hobi membaca dan punya banyak koleksi buku bacaan, bisa membuka rumah baca untuk umum atau anak-anak kurang mampu. Ada pula yang pecinta alam dapat bersedekah dengan reboisasi hutan bakau di pesisir. Banyak sekali orang yang sudah melakukan hal hebat tersebut di luar sana.




Bagaimana dengan pecinta binatang? Bagi anda yang hobi sekali memelihara binatang, Tentu saja kalian bisa bersedekah dengan menyelamatkan kucing-kucing liar misalnya. Beberapa teman saya sudah melakukannya, diawali dari kucing yang masuk ke rumah, kemudian memutuskan untuk mengadopsi dan merawatnya. Selain mengadopsi dan merawat kucing liar, adapula yang memutuskan bersedekah dengan cara mensterilkan kucing liar sehingga tidak terlalu berkembang biak banyak dan mengakibatkan populasi kucing liar terlantar bertambah. Mereka mengumpulkan para dokter hewan dan membuat program “Steril Yuk” yang merupakan program sterilisasi kucing liar bersubsidi dari donatur-donatur pecinta kucing (sumber: liputan 6)
 

Saya punya cerita mengenai tetangga saya yang merawat kucing liar. Awalnya hanya ada satu kucing liar yang diadopsi, tapi kini sudah ada 7 kucing, entah karena beranak atau karena kucing lain yang berdatangan. Kini ia bercita-cita memiliki rumah dengan halaman yang luas sehingga kucing-kucing liar bisa leluasa tinggal dan bermain disana. Saya yakin tidak hanya tetangga saya ini yang memiliki cita-cita demikian. Dia bercerita pada saya bahwa untuk memberi makan ketujuh kucingnya itu harus mengeluarkan uang sampai 400 ribu per bulan. Sekilas sepertinya sepele, hanya memberi makan kucing liar, yang mungkin untuk sebagian orang berfikir “Sayang banget si uang 400 ribu hanya untuk kucing-kucing kampung, uang segitu lumayan tuh buat beli baju atau sepatu”. Rezeki Allah sungguh Maha Luas, 400 ribu hanya untuk kucing liar ini adalah sedekah yang pastinya akan diganti puluhan kali lipat oleh Allah SWT. Selain ucapan sinisme seperti itu, pasti adalagi yang berkata begini “Daripada sedekah ke kucing, masih banyak tuh orang-orang miskin, terlantar di pinggir jalan yang membutuhkan sedekah kamu, kenapa sedekah ke kucing?” hmmm tunggu dulu, daripada berkomentar, coba intropeksi dulu, kamu sendiri sudah sedekah belum, memang sedekah itu hanya urusan kamu dan Allah SWT, tapi sebelum mengomentari orang lain ada baiknya bercermin dulu. Iya memang di luar sana masih banyak orang-orang kurang mampu yang perlu dibantu, tapi sungguh, jangan pernah meremehkan perbuatan baik sekecil apapun, termasuk memberi makan kucing liar. Saya pun yakin setiap orang punya keputusan dan cara masing-masing kepada siapa kita berbuat baik atau bersedekah, selama itu bermanfaat dan tidak merugikan orang lain, kenapa kita mesti usil mengomentari kepada apa dan siapa kita bersedekah. Lagipula bukankah kucing juga makhluk Allah yang perlu kita rawat dan kita jaga. Bahkan Rasulullah sendiri sangat menyayangi kucing, beliau memiliki kucing peliharaan bernama Mueeza. Bila menerima tamu di rumahnya, beliau selalu menggendong Mueeza di pahanya. Rasullullah-pun berpesan untuk menyayangi kucing peliharaan seperti menyayangi keluarga sendiri. Subhanallah, Islam itu benar-benar indah. Barakallah

0 komentar:

Posting Komentar

 

Mika Miko Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea